19 June 2014

KECERDASAN BUATAN


Berikut adalah contoh kecerdasan buatan :
1.      SIMULATED ANNEALING (SA)
Simulated Annealing adalah suatu algoritma optimasi yang mensimulasikan proses annealing pada pembuatan materi yang terdiri dari butir kristal atau logam. Algoritma untuk untuk optimisasi yang bersifat generik. Berbasiskan probabilitas dan mekanika statistik, algoritma ini dapat digunakan untuk mencari pendekatan terhadap solusi optimum global dari suatu permasalahan. Masalah yang membutuhkan pendekatan SA adalah masalah-masalah optimisasi kombinatorial, di mana ruang pencarian solusi yang ada terlalu besar, sehingga hampir tidak mungkin ditemukan solusi eksak terhadap permasalahan itu
Berikut ini adalah pemetaan dari Physical Annealing ke Simulated Annealing :
Fisika (termodinamika)
Simulated Annealing
Keadaan sistem
Solusi yang mungkin
Energi
Biaya
Perubahan keadaan
Solusi tetangga
Temperatur
Parameter kontrol
Keadaan beku
Solusi heuristik
Annealing adalah satu teknik yang dikenal dalam bidang metalurgi, digunakan dalam mempelajari proses pembentukan kristal dalam suatu materi. Agar dapat terbentuk susunan kristal yang sempurna, diperlukan pemanasan sampai suatu tingkat tertentu, kemudian dilanjutkan dengan pendinginan yang perlahan-lahan dan terkendali dari materi tersebut. Pemanasan materi di awal proses annealing, memberikan kesempatan pada atom-atom dalam materi itu untuk bergerak secara bebas, mengingat tingkat energi dalam kondisi panas ini cukup tinggi. Proses pendinginan yang perlahan-lahan memungkinkan atom-atom yang tadinya bergerak bebas itu, pada akhirnya menemukan tempat yang optimum, di mana energi internal yang dibutuhkan atom itu untuk mempertahankan posisinya adalah minimum.
Secara umum ada 3 hal pokok pada simulated annealing, yaitu:
a.       Nilai awal untuk temperatur (T0).
Nilai T0 biasanya ditetapkan cukup besar (tidak mendekati nol), karena jika T mendekati 0 maka gerakan simulated annealing akan sama dengan hill climbing. Biasanya temperatur awal ini ditetapkan sebesar 2 kali panjang suatu jalur yang dipilih secara acak.
b.      Kriteria yang digunakan untuk memutuskan apakah temperatur sistem seharusnya dikurangi.
c.       Berapa besarnya pengurangan temperatur dalam setiap waktu.



Contoh Simulated Annealing
Source : http://tomatcoklat.wordpress.com/2012/07/10/simulated-annealing/



2. TABU SEARCH (Pencarian Tabu)

            Tabu Search merupakan suatu metode optimasi yang menggunakan short-term memory untuk menjaga agar proses pencarian tidak terjebak pada nilai optimum lokal. Metode ini menggunakan Tabu List untuk menyimpan sekumpulan solusi yang baru saja dievaluasi.3

Selama proses optimasi, pada setia piterasi, solusi yang akan dievaluasi akan dicocokkan terlebih dahulu dengan isi Tabu List untuk melihat apakah solusi tersebut sudah ada pada Tabu List.

Apabila solusi tersebut sudah ada pada Tabu List, maka solusi tersebut tidak akan dievaluasi lagi pada iterasi berikutnya.Apabila sudah tidak ada lagi solusi yang tidak menjadi anggota Tabu List, maka nilai terbaik yang baru saja diperoleh merupakan solusi yang sebenarnya.

Algoritma:
1. Tetapkan:
 X = Matriks input berukuran nxm & MaxItr = maksimum iterasi.
2. S = bangkitkan solusi secara random.
3. GlobalMin   = FCost(S).
4. Best             = S.
5. TabuList      = [].
6. Kerjakan dari k =1 sampai MaxItr:
–BestSoFar     = FCost(S).
–BestMove      = S.
–Kerjakan dari i=1 sampai (n-1)


Contoh Pencarian Tabu

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More